Cara Menentukan Patokan Harga Taksasi Agunan

Salah satu komponen penting dalam perhitungan simulasi gadai mobil, harga taksasi dari agunan anda cukup berperan penting. Angka yang jadi patokannya merupakan nilai dasar untuk menentukan besarnya pencairan. Tanpa data ini, maka perhitungan tidak dapat dilakukan. Bahkan salah menentukan patokan memiliki imbas yang kurang menguntungkan bagi kedua belah pihak (kreditur dan debitur). Makanya, penetapan taksasi agunan haruslah dilakukan se-obyektif mungkin.

Manfaat Penetapan Taksasi

  • Manfaat bagi kreditur: Penentuan nilai taksasi jaminan bagi perusahaan pembiayaan memiliki arti penting agar mudah menetapkan berapa nilai pencairan yang wajar kepada pelanggan. Jika salah menentukan karena harganya ketinggian, maka resiko besar akan terjadi jika suatu saat debitur terjadi wanprestasi (tidak membayar hutang). Nilai kerugiannya akan lebih besar dari seharusnya. Sekalipun agunan berhasil ditarik (diamankan), maka saat lelang yang biasanya di tawar murah, selisihnya terhadap hutang nasabah juga besar. Potensi kerugian ini merupakan hal yang harus diantisipasi, dan tahap awal antisipasinya dari penetapan patokan harga mobil.
  • Manfaat bagi debitur: Sama seperti di atas, bahwa besaran hutang total konsumen ditentukan dari nilai taksasinya. Jika terlalu tinggi, maka pencairan cukup besar tetapi debitur akan membayar hutang yang besar dan bunga kredit yang dibebankan menjadi tinggi. Tetapi jika terlalu rendah, maka kesempatan mendapatkan pinjaman yang besar juga terlewatkan.

patokan harga mobil

Cara Menentukan Taksasi Mobil

Adapun cara menetapkan harga taksasi agunan mobil di sebuah leasing biasanya didasarkan terhadapa nilai berikut ini:

  1. Berdasarkan nilai penyusutan wajar. Jika sebuah leasing memiliki produk kredit mobil baik kondisi baru maupun bekas, maka angka penentuannya cukup mudah didapatkan. Karena mereka memiliki pengalaman data yang tersimpan pada transaksi penjualan kendaraan secara kredit yang dilimpahkan ke perusahaannya.
  2. Berdasarkan harga pasaran showroom mobil bekas. Taksasi yang didapatkan dari showroom bisa saja terkait pelimpahan kredit mokas. Selain itu pihak pembiayaan juga pada umumnya meminta showroom yang pada umumnya bidder peserta lelang untuk menentukan harga jual ke konsumen. Ini juga cukup efektif, karena bisa bersifat obyektif. Jika bidder mengisi dengan harga pasaran yang ketinggian, maka saat lelang dia akan dituntut untuk membeli dengan harga tinggi. Tetapi jika terlalu rendah, maka saat mobil tersebut dimasukkan kembali sebagai agunan pinjaman, maka nilai pencairan menjadi lebih kecil.
  3. Berdasarkan nilai rata-rata lelang. Penjelasan tentang hal ini serupa dengan poin 2.
  4. Nilai taksasi mobil didasarkan pada harga masing-masing tipe yang tampilkan pada portal otomotif. Biasanya gabungan dari beberapa portal dan diambil nilai tengahnya. Tujuannya agar angka yang didapatkan menjadi lebih obyektif. Portal yang sering menjadi patokan adalah: Tabloid otomotif, Tabloid mobil motor, Mokas di OLX dan lain-lain.

Dalam prakteknya, leasing biasanya mengambil nilai rata-rata gabungan dari keempat sumber di atas. Tujuannya agar harga patokan mobil menjadi lebih wajar dan obyektif. Makanya setiap bulan sering dilakukan update terkait nilai ini pada tools perhitungan angsuran gadai mobil yang mereka terbitkan.

Info Terkait Uang

Bagikan Info Pinjam Uang CepatShare on Facebook
Facebook
1Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
0Share on Yummly
Yummly
0Email this to someone
email