Jenis Pinjaman Yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, layanan pinjaman uang cukup tumbuh pesat dengan beragam jenis dan metode. Banyaknya variasi yang dikembangkan, membuat masyarakat diuntungkan. Selain karena persaingan yang terjadi berimbas pada layanan yang semakin menarik, bunga makin murah dan fasilitas yang memanjakan nasabah. Apa saja jenis pinjaman uang di Indonesia? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Adapun variasi model kredit yang ada di negara ini yang merupakan solusi kebutuhan uang adalah sebagai berikut:

jenis pinjaman
Jenis Pinjaman Kredit di Indonesia
  1. Kredit dengan jaminan. Yang paling banyak adalah gadai bpkb mobil atau motor, sertifikat dan emas (logam mulia). Kalau yang pertama kali menawarkan sistem agunan adalah dari perusahaan milik pemerintah. Tetapi mereka menawarkan gadai mobil di pegadaian. Jadi fisik mobilnya yang harus anda jaminkan. Sedangkan yang populer menawarkan sistem gadai bpkb adalah leasing BFI Indonesia. Perusahaan ini dikenal sebagai pelopor dalam metode tersebut.
  2. Kredit tanpa agunan. Pinjaman jenis ini adalah yang paling populer dalam lima tahun terakhir. Pinjaman KTA di Indonesia dianggap layanan fenomenal karena selain disukai oleh masyarakat dengan sistem tanpa jaminan sehingga tidak repot, juga disukai kreditur. Bukan rahasia lagi jika margin keuntungan perbankan maupun penerbit KTA tertinggi dari program ini. Tetapi ini sangat wajar. High risk and high return.
  3. Pinjaman kepemilikan properti. Jenis ini menyediakan fasilitas kepemilikan rumah, mobil, apartemen, sepeda motor dan lain-lain.
  4. Kartu kredit. Ini juga salah satu produk perbankan yang paling populer di seluruh dunia dalam urusan lending. Dan sudah hampir dua dekade, permintaan masyarakat pada pembuatan kartu kredit tidak surut.
  5. Program afiliasi kredit. Jika membaca jenis ini mungkin anda bingung maksudnya. Tetapi jika anda mengetahui contohnya, barulah anda memahami. Contoh jenis pinjaman ini adalah pembiayaan pernikahan. Pihak bank atau leasing bekerjasama dengan wedding organizer untuk memberikan cicilan terhadap biaya pernikahan yang dilakukan melalui jasa organizer. Salah satu leasing yang populer menawarkan program ini adalah BFI Finance Bandung. Masyarakat di sana sudah paham bahwa biaya nikah dapat dicicil melalui perusahaan pembiayaan ini yang bekerjasama dengan wedding organizer lokal.
  6. Back to back deposit. Program ini tidak terlalu dikenal publik karena jarang dipublikasikan oleh bank. Target mereka pada umumnya pemilik deposito dengan jumlah besar. Sertifikat depositonya dapat diagunkan untuk mengambil kredit dengan bunga super murah, asalkan selama belum lunas, deposito tidak dapat dicairkan.

Demikianlah jenis dan metode peminjaman uang secara kredit yang lazim di Indonesia, yang resmi ditawarkan sebagai solusi kebutuhan uang bagi masyarakat dengan berbagai fasilitas menarik. Dari keenam model inilah dikembangkan lagi beberapa variasi kredit oleh bank maupun perusahaan pembiayaan demi meraih nasabah sebanyak-banyaknya.

Info Terkait Uang

Bagikan Info Pinjam Uang CepatShare on Facebook
Facebook
2Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
0Share on Yummly
Yummly
0Email this to someone
email

Komentar ditutup.