Penjelasan Dokumen Persyaratan Kredit

Inilah faktor yang sangat berpengaruh dalam persetujuan pinjaman kredit oleh bank maupun leasing. Dokumen persyaratan adalah hal pertama secara fisik merupakan bukti otentik yang berkekuatan hukum mengikat. Seberapa sehatnya finansial seseorang, maka kondisi minim data sebagai dokumen syarat wajib, akan berpengaruh pada penolakan permohonan anda.

syarat kredit

Bank dan leasing (perusahaan pembiayaan) adalah lembaga keuangan formal yang legal melakukan transaksi keuangan, termasuk diataranya memberikan berbagai jenis pinjaman kredit, seperti yang pernah kami ulas. Kegiatan mereka memiliki landasan hukum yang jelas dan dilindungi undang-undang. Oleh sebab itu, kegiatan mereka juga harus jelas dengan batasan-batasan dan persyaratan yang terpenuhi dari sisi hukum.

Dalam suatu diskusi internal di perusahaan pembiayaan, kami pernah bertanya dan menghadirkan dua kondisi pilihan kepada komite kredit yang bertugas menganalisa dan melakukan aproval pinjaman. Yaitu:

  1. Dokumen lengkap dan akhirnya kredit macet, atau
  2. Data tidak lengkap tetapi angsuran lancar.

Tentu saja jawaban atas kedua pilihan tersebut adalah yang poin kedua. Tetapi yang mengejutkan adalah poin pertama lebih disukai oleh internal lembaga keuangan terkait akibat hukum yang akan terjadi.

Jika kondisi lain bersifat ideal (bagus), dan dokumen persyaratan lengkap (tidak terjadi manipulasi data), maka nasabah dapat dinyatakan bersalah dari sisi hukum. Pihak internal perusahaan akan lolos audit maupun tanggung jawab hukum dan sanksi perusahaan. Kejadian ini dapat dinyatakan murni sebagai kesalahan debitur dan dapat diperkarakan di pengadilan oleh leasing dan bank.

Itulah sebabnya, semua lembaga pembiayaan resmi mewajibkan kelengkapan dokumen persyaratan sebagai tahap awal kelayakan kredit. Pinjaman menjadi lebih lama prosesnya dan bahkan ditunda, jika nasabah tidak menyediakan data dokumen yang diminta. Silakan anda perhatikan pinjaman uang online yang banyak ditawarkan di media internet. Pasti kreditur menerapkan syarat tertentu di awal, sebelum permohonan kredit diproses.

Adapun dokumen persyaratan yang bersifat wajib maupun subtitusi (dapat digantikan / bukan ditiadakan) pada lembaga keuangan adalah sebagai berikut:

  1. KTP pemohon dan penjamin. Ini juga dapat digantikan dengan Passport maupun KITAS (WNA). Subtitusi lain seperti SIM, Kartu Identitas Karyawan dan lainnya tidak dapat diterima.
  2. Kartu Keluarga (KK). Biasanya bersifat wajib, terutama di bank dan leasing besar. Pada beberapa leasing kecil dengan nilai pinjaman kecil dibanding nilai agunannya, KK masih dapat digantikan oleh buku nikah.
  3. NPWP. Segala transaksi keuangan, apalagi jika pencairan dana dilakukan melalui transfer bank, maka wajib disediakan NPWP penerima dana.
  4. Bukti keuangan. Dokumen ini biasanya merupakan data transaksi rekening tabungan 3 bulan terakhir atau slip gaji. Terkait dengan maraknya perusahaan ilegal dan banyaknya pemalsuan slip gaji, biasanya pihak lembaga keuangan akan melakukan pengecekan keabsahan ke perusahaan terkait. Jika anda ingin mendapatkan proses yang cepat, sebaiknya sediakan print out rekening tabungan saja. Apalagi jika dilegalisir oleh bank, maka data ini menjadi cukup kuat menjelaskan kondisi kesehatan keuangan nasabah.
  5. Bukti kepemilikan rumah domisili. Data yang disediakan biasanya: Bukti pembayaran PBB, AJB atau rekening listrik. Disarankan menggunakan PBB atau AJB. Selama nama yang tertera sesuai dengan identitas, maka pengecekan tidak terlalu lama.

Kelima penjelasan dokumen persyaratan kredit di atas bersifat mutlak. Bahkan secara teknis, kadang pihak surveyor akan meminta dokumen yang lain sebagai penguat. Contoh: Nomor Induk Pegawai. Kartu ini sebagai penguat keberadaan slip gaji (data keuangan), tetapi tidak dapat menggantikan syarat yang ditetapkan.

Jika anda ingin mengajukan pinjaman gadai bpkb, silakan baca penawaran: Gadai bpkb mobil cepat, di sana telah tertulis syarat wajib yang harus disediakan oleh nasabah.

Info Terkait Uang

Bagikan Info Pinjam Uang CepatShare on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
0Share on Yummly
Yummly
0Email this to someone
email