Aneka Ragam Pinjaman Modal Usaha & Konsukwensi!

Keinginan yang besar untuk pengembangan bisnis, tidak dapat menghindarkan seseorang untuk mencari pinjaman modal usaha. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, lembaga keuangan di Indonesia termasuk leasing pembiayaan di Jakarta dan kota besar lainnya, sangat gencar menawarkan aneka ragam pilihan dan kemudahan. Bagi yang awam, permodalan yang dikembangkan dengan cara meminjam uang adalah sesuatu yang cukup memusingkan. Bahkan tanpa berfikir panjang dan analisa yang tajam, mereka dengan sembarangan mencoba mengajukan ke berbagai tempat dan akhirnya ditolak. Bahkan, sekalipun sudah memperoleh dana, ternyata timbul masalah dikemudian hari sehingga usaha menjadi kolaps.

Jika tujuan anda meminjam dana untuk modal usaha, ada berbagai alternatif yang dapat dipilih. Mulai dari pinjaman uang secara online hingga yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi (ribet) dalam proses. Tapi biasanya untuk pilihan yang terakhir ini memiliki nilai pencairan dana yang besar dengan bunga kecil. Tentu saja bagi yang membutuhkan modal besar, sangat perlu mempertimbangkannya. Konsukwensi dari urusan ribet ini akan membawa anda kepada kenyamanan pengembangan wirausaha karena modal yang dipinjam telah tersedia.

pinjaman modal usaha

Adapun aneka pilihan pinjaman permodalan bagi usaha anda adalah sebagai berikut:

  1. Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan / Jaminan). Ini adalah jenis pendanaan yang simpel dan sangat mudah dalam proses dan syarat. Tetapi ada beberapa konsukwensi-nya yang perlu dipertimbangkan sebagai modal usaha. Mengapa? Karena tingkat persetujuan terhadap respon permohonan pinjaman yang diajukan sangat kecil. Biasanya, sebuah bank hanya menyetujui 10% – 35% aplikasi yang masuk. Selain itu, karena memiliki resiko paling besar, maka bunga yang diterapkan sangat tinggi. Dan yang sering menjadi permasalahan adalah jumlah uang yang disetujui untuk dipinjam sebagai modal ternyata tidak sesuai harapan karena terlalu kecil. Memang, cukup banyak yang berpromosi KTA dengan pencairan ratusan juta. Tetapi yang disetujui dengan nilai tersebut hanya terjadi pada kalangan terbatas. Bisakah anda menyebutkan nama teman atau kerabat yang berhasil memdapatkan suntikan permodalan usaha dari pinjaman KTA dengan nilai ratusan juta? Atau jika ada, apakah jumlah teman anda yang berhasil itu lebih dari 5 orang? Jenis pinjaman ini memang fenomenal dan mampu menghipnotis orang untuk mencoba mengajukan. Tetapi karena tanpa jaminan, maka hanya orang tertentu dengan track record perbankan yang excellent saja yang berhak memperoleh pinjaman untuk modal usaha dari KTA. Jika record BI checking anda buruk, sudah pasti ditolak!
  2. Pinjaman dengan jaminan. Suntikan modal pengembangan usaha dengan kredit khusus menggunakan agunan ini adalah yang paling direkomendasikan. Semakin besar nilai taksasi jaminan, maka semakin tinggi pula dana yang cair. Prosesnya juga mudah, cepat dan tidak ribet. Keberadaan jaminan menjadikan tingkat resiko rendah untuk kreditur. Konsukwensi yang diberikan adalah bunga rendah, proses cepat dan bahkan untuk non perbankan seperti leasing Smart Multi Finance, PT BFI Finance dan lainnya. Biasanya, lembaga keuangan menetapkan pilihan agunan seperti: Bpkb, Sertifikat SHM, Ruko maupun tanah. Jika kebutuhan dana modal kerja ingin didapat dengan menjaminkan (gadai) barang berharga, maka alternatif lain adalah melalui Pegadaian.
  3. Pinjaman investasi. Jenis sumber modal berusaha ini biasanya disediakan oleh pihak non lembaga keuangan. Sesuai namanya, ada yang menerapkannya sebagai bentuk kredit lunak dengan pengembalian dana investasi dalam jangka panjang. Tetapi ada juga yang menerapkan pinjaman investasi sebagai “joint ownership”, yang sifatnya tidak perlu dikembalikan, tetapi timbal baliknya adalah pembagian keuntungan perusahaan.
  4. Dana hibah. Secara prinsip, penerapan dana hibah kurang cocok dikatakan sebagai bentuk pinjaman modal. Ikatan emosional dan subyektif terhadap usaha yang dikembangkan, sering menjadi bahan pertimbangan. Permodalan dana hibah yang cukup profesional biasanya berbentuk sponsorship, dengan konsukwensi pengembalian dana dalam bentuk lain.
  5. Back to back deposit. Ini adalah layanan perbankan yang juga dapat digunakan sebagai tambahan modal menjalankan usaha. Kreditur bank biasanya memiliki program ini. Tetapi dalam pelaksanaan tidak terlalu gencar dan hanya nasabah khusus saja yang berhak. Biasanya nasabah prioritas saja berhak mendapatkan fasilitas permodalan dengan bentuk back to back deposit ini. Prinsipnya, anda memiliki sertifikat deposito di bank, lalu dengan jaminan deposito ini, anda berhak memperoleh suntikan dana untuk usaha sebesar 80% dari jumlah dana deposito. Bunganya sangat murah. Biasanya di kisaran 2% di atas bunga deposito. Konsukwensinya adalah pencairan deposito (break) tidak dapat dilakukan selama pinjaman belum lunas. Informasi tentang keberadaan program back to back sebagai sumber permodalan untuk usaha ini sudah lama kami ketahui, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kami kehilangan info akurat terkait programnya. Setahu kami, tidak ada bank yang melakukan promosi untuk program back to back deposit.

Demikianlah penjelasan terkait beraneka ragam jenis pinjaman untuk penambahan modal dalam usaha atau bisnis. Ada konsukwensi yang harus ditanggung debitur untuk setiap pilihan. Sesuaikan kondisi dan permasalahan yang terjadi dengan fitur program pinjaman yang ada. Lakukan analisa cermat agar suntikan modal usaha melalui peminjaman dana tidak berdampak buruk di masa mendatang. Kami akan lakukan update informasi pada artikel ini, demi menambahkan wawasan para pengunjung situs Siduit.

Info Terkait Uang

Bagikan Info Pinjam Uang CepatShare on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
0Share on Yummly
Yummly
0Email this to someone
email

Komentar ditutup.