Strategi Lolos Survey Analisa 5C Kredit dan Disetujui

Di dalam bisnis jasa keuangan, teknik survey 5c sebelum memberikan pinjaman kredit adalah kegiatan wajib yang harus dilalui nasabah bank maupun leasing. Cukup banyak yang tidak lolos pada tahap ini, sehingga dibutuhkan strategi khusus agar dapat melewatinya. Tips trik dan saran lengkap akan kami sampaikan melalui artikel ini. Menyingkap strategi lolos survey khususnya pada analisa 5C, agar kredit di bank dan leasing disetujui ini, bukan saja berguna pada saat ingin mengajukan pinjaman pada perusahaan gadai bpkb mobil dan truk, tetapi juga dapat dimanfaatin saat membeli kendaraan secara dicicil di perusahaan pembiayaan dan keauangan resmi.

kredit disetujui

Pemahaman Dasar 5C

Pengertian survey 5C kredit adalah teknis pengamatan, wawancara dan analisa yang mendalam terhadap kelayakan permohonan pinjaman kredit nasabah, yang mencakup 5C: Capital, Capacity, Condition, Caracter dan Colateral

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

  • Capital: Analisa terhadap kondisi keuangan nasabah, sehingga dapat dinilai kemampuan mengembalikan pinjaman dengan lancar.
  • Capacity: Menganalisa kapasitas debitur melalui pengamatan dan pencarian data wajar atas pengeluaran uang sehari-hari dibandingkan dengan pendapatan (income).
  • Condition: Pengamatan atas kondisi rumah tangga nasabah. Termasuk diantaranya lokasi rumah, kewajaran kepemilikan kendaraan dan lainnya.
  • Caracter: Melakukan pengamatan dan wawancara kepada tetangga atau rekan kerja atas karakter debitur.
  • Colateral: Pengamatan atas jaminan. Melakukan pengecekan terhadap keabsahan dokumen bpkb dan cek fisik agunan (mobil, truk atau motor).

Strategi Lolos Survey

Agar pinjaman dana tunai cepat cair dapat disetujui oleh kreditur, maka anda perlu mempelajari strateginya. Lolos dan dinilai layak saat disurvey dan dianalisa 5C pinjaman, maka pemohon kredit wajib berada pada situasi dan kondisi berikut ini:

  1. Saat mengajukan pinjaman, pastikan anda memiliki penghasilan rutin. Dan nilai cicilan per bulan tidak boleh melebihi 30% dari total pendapatan sebulan. Acuan 1/3 ini berlaku umum di bank dan leasing. Selain itu, pastikan bahwa setiap bulan ada sisa saldo setidaknya minimal sebesar angsuran. Jika tidak mencapai angka minimum, bisanya bukan ditolak tetapi diminta menurunkan nilai pinjaman, memperpanjang tenor atau menaikkan uang muka / DP (pada kredit kepemilikan).
  2. Strategi lolos analisa kapasitas adalah dengan menyampaikan data pengeluaran yang wajar. Kadang ditemui nasabah yang terlalu angkuh dengan menyebutkan beberapa pengeluaran tak wajar dan ini berbahaya terhadap potensi persetujuan pinjaman. Misalnya dengan bercerita liburan setiap bulan, sering ganti HP dan kebutuhan konsumtif lainnya. Informasi seperti ini tidak perlu disampaikan agar pinjaman kredit disetujui.
  3. Kondisi lingkungan menjadi hal yang berpengaruh agar permohonan pinjaman berupa uang atau kredit kepemilikan mobil dapat disetujui, terutama jika tidak wajar. Misalnya: Nasabah ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan mobil mewah tetapi jalan di depan rumahnya tidak bisa dilalui mobil. Pihak bank atau leasing bisa saja menganggap bahwa nama anda hanya dipinjam sebagai pemohon. Sebenarnya, pemilik sesungguhnya bukanlah anda.
  4. Biasanya surveyor melakukan analisa karakter dengan melihat cara anda berbicara. Kami sering menemui bahwa pihak yang berhutang (debitur) berbicara kasar, pura-pura tidak butuh uang dan semena-mena. Tahukah anda bahwa bank dan leasing menilai sangat penting terhadap karakter? Biasanya yang sombong dan bicara terlalu tinggi seperti ini adalah orang yang sering bermasalah dalam kredit!
  5. Lolos tahap akhir survey yaitu cek fisik mobil. Analisa colateral yang dilakukan adalah mencocokan data pada bpkb dengan unit kendaraan. Pada kondisi tertentu, surveyor bisa saja melakukan pengecekan ke samsat.

Mungkin anda bertanya, seberapa besar dan dalamnya pengamatan dan analisa seperti di atas? Hal itu tergantung kebijakan leasing dan bank. Saat kredit macet sedang tinggi, bisa saja makin ketat. Begitu pula saat waktu tertentu yang dikenal dengan bulan-bulan pengeluaran tinggi, seperti lebaran dan akhir tahun. Walaupun leasing memberikan promo khusus saat itu, tetapi karena peminatnya cukup tinggi maka analisa yang dilakukan juga semakin ketat.

Demikianlah informasi terkait pemahaman dan strategi agar dapat lolos dari survey dan analisa 5C. Semua lembaga kredit (pemberi pinjaman) biasanya menyetujui permohonan didasarkan teknis analisa ini.

Info Terkait Uang

Bagikan Info Pinjam Uang CepatShare on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on StumbleUpon
StumbleUpon
0Share on Yummly
Yummly
0Email this to someone
email

Komentar ditutup.